online stats

PRODUCT AGRIKULTURE AND PLANTATION

TERIPANG ( SEA CUCUMBER )
Teripang (Timun laut, Echinodermata) adalah salah satu komoditi ekspor sub sektor perikanan yang cukup potensial. Di Indonesia, pemanfaatan teripang sebagai bahan pangan dibanding produk perikanan lainnya tergolong kurang populer karena nilai estetika yang rendah dilihat dari bentuk fisik teripang yang kurang disenangi. Namun demikian teripang sesungguhnya mengandung protein cukup tinggi dan dalam keadaan kering tubuh binatang ini menurut penelitian mengandung 82 % Protein dan sangat berguna bagi Manusia. Selain itu teripang juga berkhasiat obat.

Sayangnya sebagian besar teripang masih merupakan tangkapan dari alam sehingga banyak kendala yang menghambat Kontinuitas Produksi, diantaranya ketergantungan terhadap musim. Untuk itu, kami berupaya melakukan budi daya yang terus kami lakukan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Dimancanegara khususnya di Hongkong, Taiwan, Singapura dan Amerika Serikat telah memiliki Teknik pengolahan yang lebih maju sehingga teripang telah menjadi salah satu komponen pangan yang sangat digemari. Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara pengekpor teripang kering terkemuka dengan kwalitas yang lebih baik. Pada setiap tahunnya ekspor teripang Indonesia mencapai Ribuan ton dalam bentuk daging kering (beche-de-mer), usus asin (konowata) dan gonad kering (konoko).

Potensi teripang cukup besar karena Indonesia memiliki perairan pantai dengan habitat teripang yang cukup luas. Dari sekitar 650 jenis teripang yang ada didunia 10 % berada di Indonesia dan dari jumlah tersebut dipastikan ada 7 jenis yang tergolong mempunyai nilai jual tinggi yakni :

Teripang pasir (Holothuroidea Scabra), teripang hitam (Holothuroidea Edulis), teripang coklat (Holothuroidea Marmoreta), teripang merah (Holothuroidea Vatiensis), Teripang koro (Holothuroidea Nobilis), teripang nanas (Thelonota Anana), dan teripang gama (Stichopus Varigatus).

Ekspor teripang Indonesia dilakukan oleh beberapa pengusaha atau distributor yang membeli teripang lansung dari para pengerajin teripang di beberapa daerah di Indonesia khususnya dari Kawasan Indonesia Timur. Umumnya para pengusaha melakukan seleksi jenis dan kualitas terhadap produk masyarakat nelayan/pengrajin teripang.

Sebagaimana yang sering terjadi pada pengrajin komoditi agroindustri lainnya, pengrajin teripangpun saat ini memang masih belum dapat meningkatkan taraf penghidupannya sementara disisi lain para distributor atau pedagang teripang memiliki taraf kehidupan yang lebih layak. Sehingga Keadaan ini mengharuskan adanya kegiatan alih teknologi untuk membantu para pengrajin teripang memperbaiki mutu olahannya serta membantu memperluas jaringan pemasarannya melalui lembaga profesi dibeberapa daerah yang memiliki potensi teripang yang pada umumnya merupakan sentra-sentra desa tertinggal dan kami berharap dengan Perusahaan kami ini kami dapat bersama-sama dan dapat membantu mengatasi hal tersebut.


TERIPANG ( SEA CUCUMBER )


JENIS-JENIS TERIPANG
TERIPANG NANAS (Peneapel Fish)
TERIPANG TKK ( Curry Fish )
TERIPANG GAMMA ( TKT)

TERIPANG TKB (Curry Fish )
TERIPANG SUSU (White Teat Fish)
TERIPANG PASIR (Sand Fish)
TERIPANG BINTIK (Tiger Fish
)
TERIPANG ( SEA CUCUMBER )
TERIPANG KUNYIT (Elephant Fish)
TERIPANG KAPUK KERANG ABALONE

TERIPANG PASIR (Sand Fish) dan TERIPANG SUSU



"Teripang Raja " dan "Teripang Nanas"



TERIPANG PASIR/GOSOK ( Sand Fish )


Kerang Mata Tujuh ( Abalone ) Gelembung Kakap ( Fish Maws )



RUMPUT LAUT JENIS : COTTONII



Pemasangan Bibit Rumput Laut Penimbangan Uji Coba Rumput Basah Persiapan Bibit Rumput Laut & Rumah dilaut Tempat Kontrol Rumput Penjemuran Hasil Rumput Laut Rumput Laut masa Pertumbuhan .
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

21 November 2014 pukul 20.05

pak saya mau tanya, ada gak yang jual tripang susu/gosok? kalau gak budidaya tripang susu ada gak pak? minta tolong konfirmasinya ke 21b36b21 atau 082281273098 . email rachmadi.jati@yahoo.co.id

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | |
Copyright © 2011. Galeri ku - All Rights Reserved
Template Created by Published by Galleriku
Proudly powered by Blogger