online stats

‘Haisom’ : Tubuhnya Gurih dan Lembut di Mulut

13284478811347622890

Pernah dengan makanan China, masakan Haisom? Ya, haisom adalah seekor teripang, atau juga disebut timun laut. Tubuhnya kenyal, dan rasanya gurih sekali, seperti ‘kikil’ tetapi lebih padat dibandingkan rasa kikil.  Kata banyak orang, haisom banyak sekali kasiatnya untuk melawan penyakit seperti darah tinggi, walau belum ada hasil uji laboratoriumnya. Yang pasti, haisom tidak mengandung kolesterol.

Hewan ini harus dibersihkan dibelum dimasak. Karena tubuh hewan ini lunak dan anggota tubuhnya hanya seperti ‘guling’ kecil, tidak lebih dari 30 cm, tidak banyak yang harus dibersihkan. Tetapi jika cara pengolahannya salah, masakan ini akan amis. Karena sebenarnya hewan ini terasa sangat gurih.

Memang, masakan teripang ini merupakan masakan mahal, karena pengolahannya ( sejak ditangkap dari laut sampai dijual dan dimasak ) terbilang rumit. Aku tidak tahu, hewan ini bagaimana disebut ‘biasa2 ‘ saja atau yang ‘luar biasa’, tetapi yang ‘biasa’ harga per-1 kg sampai sekiar 500 ribu dan yang ‘luar biasa harga 1 kg nya samai jutaan rupiah. Dalam masakan, teripang disebut Haisom dan biasanya kita bisa mencarinya di restauran2 China yang mahal, walau di Indonesia juga membuat makanan, seperti ‘Kerupuk Terung’ buatan Sidoarjo di Jawa Timur, atau buatan2 daerah tepi pantai lainnya di Indonesia.

13284480241452388738
13284480511358771663

Kerupuk Terung ada 2 macam : yang putih, dan agak kehitaman. Semuanya sangat gurih … hmmm, jadi kangennn …..
Kerupuk Terung, adalah teripang kecil, jauh lebih kecil dari pada teripang yang diasak dan dijal dengan harga mahal. Katanya, keripang2 kecil itu memang ‘disisakan’ untuk nelayan2 kecil. Dan hasilnya, produk Sidoarjo atau daerha2 tepi pantai lainnya itu, merupakan salah satu makanan eksotis kesukaanku.

Di Jakarta teripang  sering ada di supermaket2 atau jika yang lebih besar, langsung ke pasar ikan, atau ke supplier di kawasan Pecinan, untuk yang sudah diolah dengan lebih baik. Tidak usah beli banyak2, jika kita ingin memasaknya, dalam jumah sedikit. Taripang, atau Haisom bisa dimasak apa saja, sebagai seperti ‘daging’. Seperti masakan capcay, tumis brokoli dan banyak sayuran yang lain, atau juga bila ingin segar2 dengan memasak Sup Haisom. Tapi jika di restauran mahal, Haisom lebih di masak dengan saus tiram, dengan sedikit jamur. Rasanya, lebih gurih, tanpa mengandung apapun, hanya saus tiram dan sedikit rempah …… hmmmmm …..
13284480771234344292
13284481042142882372

Masakan Haisom di restaurant China, biasanya hanya dengan saus tiram untuk mempertahankan rasa teripang aslinya …..

1328448127437031465
Tetapi, bisa juga dibuat macam2 masakan, seperti capcay dengan Haisom …..

Ada yang mengatakan, teripang atau Haisom jika di potong2 kecil, seperti lintah. Iya sih, apalagi teripangnya berwarna cokat kehitaman. Banyak yang jijik melihat lintah, apaagi untuk memakannya, sehinga Haisom sedikit ‘dibenci’ oleh kaum wanita. Banyak teman wanita-ku tidak suka akan Haisom, dengan banyak alasan. Tetapi wanita yang menyukai Haisom tetap banyak, koq, termasuk aku …..
Pertama kali aku memakan Haisom, sekitar 30-an tahun lalu, ketika aku masih kecil. Aku ingat sekali, bahwa badanku sempat gatal2. Rasanya dimulutku waktu itu, sangat lembut dan gurih, makanya aku suka sekali. Tetapi ketika malamnya, badanku sangat gatal, sehingga dulu aku memutuskan tdak mau makan lagi. Tetapi ketika kami makan direstauran yang sama beberapa waktu kemudian ….. eh, aku ‘kesesengsem’ Haisom lagi, dan malamnya gatal2 lagi. Dan, beberapa waktu kemudian, aku diminta mencoba masakan Haisom di tempat yang lain, ternyata aku tidak merasakan gatal2, sehingga aku ingin tahu, apa yang membat ku seperti alergi …..

1328448158329771919
Haisom besar di daerah Pecinan, untuk supply di restauran2 mahal.

Ternyata, aku tidak tahan dengan bumbu2 di restauran itu, dimana restaurant yang lain tidak apa2. Tetapi ada seorang kenalan yang mengatakan, bukan bumbu2 nya yang bikin gatal, melainkan cara mengolah teripang itu sebelum dimasak, yang membuat badanku gatal2 …..
Dan setelah itu, aku tidak pernah gatal2 lagi, dan Haisom termasuk makanan kesukaanku. Juga setelah kami menanyakan ke dokterku dan ahli gizi dimana sebagai ahli gizi di rumah sakitku drawat dan menjalanan terapi, ternyata teripang atau Haisom tidak mengandung kolesterol, walau teripang termasuk hewan ‘lambat’ dan ‘gemuk’ ……
Karena mahal, aku jarang memakannya, kecuali ada yang mentraktir atau ulang tahun. Jadi, siapa yang mau traktir aku makan Haisom?? Hehehe ……
Salamku …..
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | |
Copyright © 2011. Galeri ku - All Rights Reserved
Template Created by Published by Galleriku
Proudly powered by Blogger